Dari waktu ke waktu, manusia telah sadar bahwa bermain adalah suatu bentuk kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan bermain sangat banyak digemari oleh anak-anak pada saat sebelum masuk ke jenjang sekolah, dan sebagian waktu anak akan digunakan untuk bermain dan ada pakar yang berpendapat bahwa pada masa sebelum masuk sekolah adalah usia bermain. Dan manfaat bermain bagi anak itu sama pentingnya dengan berpakaian bagi orang dewasa.

           Dari hasil penelitian dari para pakar, telah menemukan bahwa ternyata bermain mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tahap awal perkembangan anak. Kegiatan bermain adalah merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak seperti :

1. Uuntuk belajar bersosialisasi dalam membina hubungan dengan sesama teman

2. dengan memiliki banyak teman maka perbendaharaan kosa kata anak akan meningkat

3. Menyalurkan emosi sang anak agar menjadi pribadi yang sabar saat tertekan.

Dan juga masih banyak manfaat yang dapat di peroleh dari kegiatan bermain.

 

        Dalam tulisan ini kami mengharapkan pembaca bisa memahami bermacam manfaat bermain terutama untuk menghilangkan paradigma yang berpendapat bahwa bermain adalah kegiatan yang tidak bermanfaat dan hanya membuang waktu saja.

 

             Dengan orang tua mengetahui fungsi kegunaan dari bermain, kami mengharapkan bisa memunculkan pendapat orang tua tentang cara memanfaatkan kegiatan bermain untuk dapat mengembangkan bermacam-macam aspek perkembangan anak, yaitu seperti aspek sensoris, motoris, sosialisasi, emosi, kognisi, kepribadian, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dalam berolah raga, menari, menyanyi dan ketajaman dalam penginderaan.  3 aspek utama manfaat bermain adalah aspek fisik-motorik, kecerdasan dan sosial emosional. Aspek-aspek tersebut saling menunjang satu dengan yang lain dan jangan sampai dipisahkan. Jika salah satu aspek dalam sebuah permainan tidak diberi kesempatan untuk dapat berkembang, maka akan mengakibatkan ketimpangan

 

           Bermain merupakan dunia bagi sang anak sebelum memasuki sekolah, dan bermain adalah hak bagi setiap anak tanpa ada batasan umur. Dalam tulisan kali ini berguna untuk sebagai bahan acuan para mahasiswa yang mempelajari psikologi perkembangan anak, dan juga untuk guru, calon guru dan pemerhati masalah anak. Khususnya usia anak sebelum memasuki masa sekolah yaitu antara tiga sampai enam tahun.

 

Mainan Anak Surabaya

 

          Dalam tulisan kali ini diharapakan para pembaca dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  1. Aspek perkembangan apa saja yang dapat dikembangkan dari anak, dengan melakukan kegiatan bermain.

  2. Sebutkan dan berikan contoh apa saja kegiatan bermain yang dapat dilakukan oleh anak sebelum masuk ke sekolah yang dapat mengembangkan aspek kecerdasan dan berikan alasan permainan yang dapat dilakukan agar anak dapat merasa senang dan menyukai terhadap kegiatan bermain tersebut.

  3. Menurut anda apakah aspek kecerdasan adalah merupakan aspek yang paling penting dan utama untuk dikembangkan terhadap seorang anak? Sebut dan jelaskan alasannya.

  4. Mengapa dalam suatu permainan yang telah dirancang, harus menyenangkan hati seorang anak, jelaskan.

  5. Apakah dalam kegiatan permainan dapat dijadikan bagi seorang guru dalam melakukan penilaian pada anak didiknya? Dalam aspek apa saja hal ini bisa dilakukan dan bagaimanakah caranya.

  6. Apakah kegiatan bermain bisa dijadikan media untuk terapi ?

  7. Apakah yang dimaksud intervensi dan anak-anak, dan yang bagaimanakah yang perlu mendapat intervensi ini dan apa guna dan mengapa permainan digunakan sebagai alat media intervensi. Toko Mainan Surabaya

manfaat bermain bagi anak